Tuesday, June 16, 2015

Menu Buka Puasa yang Sehat dan Aman bagi Kesehatan..

menu buka puasa yang sehat
Menu buka puasa yang sehat tidak harus yang enak enak, yang penting memenuhi kebutuhan gizi dan protein setelah seharian kita berpuasa. Puasa selain menjalankan kewajiban kita sebagai seorang Muslim yang telah Allah perintahkan dalam Surat Al Baqarah - 183 , ditinjau dari kesehatan juga sangat baik sekali sebagai detoksifikasi tubuh setelah sebelas bulan kita memakai pencernaan kita.

Akan tetapi fungsi proses detoksifikasi tersebut tidak akan terjadi kalau kita tidak mengetahui bagaimana cara berbuka puasa yang sehat dan terutama sesuai tuntunan Nabi Muhammad S.A.W. Berikut ini adalah tips menu buka puasa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah  :

1. Segera Berbuka Puasa, menyegerakan untuk buka puasa akan segera menormalkan stamina tubuh seperti dalam kondisi semula. 

2. Makan Cukup, yaitu makanlah ketika anda merasa lapar dan berhentilah makan sebelum anda kenyang. Manfaat dari metode makan seperti ini adalah membuat dinding lambung tidak tegang terlalu kuat sehingga efek nyeri pada robekan dinding lambung akibat kekenyangan bisa diminimalisir. 

3. Jangan Konsumsi Obat Obatan atau makanan perusak Lambung. Makanan dan obat yang sebaiknya anda hindari yaitu : obat golongan steroid, asam salisilat, juga makanan yang menggunakan bahan pengawet dan minuman berkarbonasi. Jika anda tetap harus mengkonsumsi obat dari golongan steroid maka sebaiknya anda gunakan obat herbal alami pengganti steroid yaitu habbatussauda (jinten hitam) karena efeknya mirip dengan steroid juga. Obat Alami maag yang bisa dengan mudah kita temui adalah minyak zaitun. dengan meminum minyak zaitun sebanyak 10 ml saja bisa menggantikan obat maag antasida. 

4.Stress Sebaiknya di Hindari, tahukah anda jika tingkat stress anda meningkat akan mengakibatkan sekresi pada asam lambung berlebihan yang akibatnya bisa merrusak dinding lambung dengan sangat cepat. 

5. Tetap beraktifitas, tahukah anda pada saat kita melakukan aktifitas, ternyata otak menstimulasi keluarnya hormon katekolamine. Manfaat dari hormon ini yaitu untuk mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan yang menjadikan dinding lambung berkurang rangsangan perrlukaannya. Mereduksi simpanan gula, dan menghancurkan lemak. Manfaat hormon katekolamin bisa tingkatkan proses penghancuran gula yang menumpuk dalam tubuh, sehingga pankreas bisa produksi insulin lebih matang dan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal.

6. Makan Sahur, tahukah anda jika sahur bermanfaat buat menyiapkan energi untuk kita beraktifitas pada saat siang hari. Selain itu sahur juga bisa turunkan asam lambung. 

7. Jangan Tidur Setelah Selesai Makan Sahur, tahukah kawan jika tidur setelah makan sahur akan berakibat pada peningkatan gerak salauran pencernaan sehingga akan mengakibatkn lambung menjadi kosong lebih cepat dan asam lambung akan meningkat.

Dengan puasa, gula darah dipastikan akan menurun. Akibatnya Anda akan merasa pusing, berkeringat dingin, dan lemas. Oleh karena itu, untuk mengatasinya saat berbuka Anda perlu memakan makanan manis untuk meningkatkan Indeks Glikemik (IG) di dalam tubuh.

IG merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Namun meskipun dikatakan tubuh perlu makanan dan minuman manis saat berbuka, bukan berarti akan menjadi sehat jika terus mengonsumsi makanan atau minuman manis tersebut.

Contoh minuman yang baik untuk berbuka dan sudah sering disajikan adalah teh manis. Teh manis perlu dibuat dengan komposisi yang tepat agar manisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menurut dr Phaidon, sebaiknya setiap 200 cc air hangat, maksimal menggunakan 1 sendok makan gula pasir. Jika gula pasirnya lebih dari jumlah ini, maka IG-nya pun akan menjadi berlebihan.

"Kalau IG-nya berlebihan, nanti yang ada tubuh jadi kaget karena gula darahnya tiba-tiba melonjak tinggi. Tubuh bukannya jadi sehat dan bugar setelah berbuka, tapi justru semakin lemas," terang dr Phaidon.

Selain itu, menurut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, spesialis gizi, jika memungkinkan sebaiknya pilihlah air kelapa murni untuk berbuka puasa. Air kelapa murni mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh setelah seharian tidak mendapat cukup asupan cairan.

"Air kelapa yang diminum juga sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula pasir, lebih baik yang alami. Jika memang ingin cita rasa yang lebih manis, ada baiknya menggunakan madu atau gula aren sebagai pengganti gula pasir," terang Dr Tirta yang kini aktif sebagai Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi 


Nah itulah menu buka puasa yang sehat , sehingga sambil menjalankan kewajiban kita tubuh kita setelah puasa bisa tambah sehat dan tidak gampang kena sakit..

semoga bermanfaat.

sumber : diambil dari berbagai sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...