Thursday, July 26, 2012

Makanan yang perlu diwaspadai saat makan sahur agar tidak mudah sakit

Bulan Puasa adalah bulan yang penuh berkah dan pahala, seluruh umat muslim didunia melaksanakan kewajiban berpuasa satu bulan penuh. Perubahan jadwal makan pada bulan puasa membuat kita perlu lebih memperhatikan asupan nutrisi.
Sembarang mengkonsumsi makanan saat sahur dapat membuat kita lemas, cepat lapar, atau mudah sakit. Apa saja yang sebaiknya kita hindari saat bersantap sahur?

Agar dapat berpuasa dengan lancar, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa merusak sistem pencernaan. Simak daftar pantangan sahur berikut ini :

1. Kafein 
Di luar bulan puasa, meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari sering jadi rutinitas. Ingin tubuh tetap fit selama bulan puasa? Hentikan dulu kebiasaan mengonsumsi kafein saat sahur. Kafein bersifat diuretik, membuat kita sering buang air kecil. Akibatnya, proses penyerapan vitamin larut air bisa terganggu karena terbuang bersama urin.

2. Makanan Pedas 
Untuk Anda yang doyan makan makanan pedas, tunda dulu keinginan tersebut saat sahur. Meski membuat nafsu makan bertambah, makanan pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. Proses pencernaan pun bisa terganggu.

3. Makanan Asam 
Seperti makanan pedas, makanan asam juga dapat menaikkan asam lambung. Jika tidak mau sakit perut saat berpuasa, sebaiknya hindari makan tom yam atau sambal saat sahur.

4. Gorengan 
Apakah Anda sering bersantap sahur dengan berbagai jenis gorengan? Nugget atau ayam goreng tepung sering menjadi pilihan saat sahur karena praktis. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini karena makanan yang digoreng mengandung lemak yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

5. Santan 
Saat sahur, banyak orang menghangatkan kembali makanan sisa semalam agar lebih praktis. Gulai ayam dan rendang dari rumah makan Padang pun menjadi menu sehari-hari saat sahur. Padahal, makanan bersantan sama seperti gorengan berlemak yang perlu dihindari saat santap sahur.

Demikian beberapa makanan yang perlu diwaspadai agar anda selalu Fit saat melakukan ibadah Puasa.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan comment sesukanya..
Yang penting sopan, membangun dan tidak mengandung unsur SARA..
Spam akan dihapus..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...