Wednesday, October 30, 2013

Khasiat dan Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Kandungan Jahe: Jahe merupakan tanaman yang kaya akan khasiat bagi kesehatan. Misalnya senyawa Phenol, terbukti memiliki efek anti-radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain phenol, rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol. Senyawa ini dikenal baik sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker pun jantung.

Senyawa penting lainnya yang dijumpai pada rimpang jahe adalah minyak atsiri. Minyak ini bermanfaat untuk mereduksi nyeri, sebagai anti-imflamasi dan juga pembasmi bakteri yang baik. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak atsiri ini juga diketahui menyumbang aroma yang khas pada jahe. Sementara itu, sensasi pedas jahe berasal dari zingiberen dan zingiberol yang juga dijumpai dalam minyak atsiri tadi.

Selain kandungan jahe yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak komponen zat lain yang ditemukan dalam jahe. Zat aktif tersebut antara lain mineral sineol, fellandren, minyak damar, kamfer, zingiberin, borneol, zingiberol, gigerol (paling banyak terkandung pada jahe merah), asam aminos, zingeron, vitamin A, B1, C, lipidas, protein, niacin dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah 22 Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan  Tubuh
1. Menurunkan tekanan darah (hipertensi)
Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

2. Membantu pencernaan
Karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

4. Obat Mual & Masuk angin
Karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

5. Menangkal Radikal Bebas
Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

6. Meredakan Rasa sakit
Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.

7. Obat Kompres
Daun jahe juga berkhasiat, sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.

8. Melancarkan penceraan
Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian diminum airnya.

9. Mengobati rematik
Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

10. Obat Luka
Mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

11. Obat Digigit Serangga
Mengobati gatal karena sengatan serangga. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu digunakan sebagai obat gosok.

12. Mengobati luka bekas gigitan ular beracun.
Caranya dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderita dibawa ke dokter)

13. Mengobati sakit perut
Jahe merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut, seperti diare. Sebab jahe bersifat analgesik dan menenangkan.

14. Mencegah beberapa jenis kanker

Dari khasiat harian, jahe yang diekstrak juga ampuh menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

15. Menyembuhkan migrain
Studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor penyebab rasa sakit pada kepala. Dengan demikian, jahe mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

16. Mencegah siklus menstruasi tak teratur
Jahe memberi manfaat keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di China misalnya, jahe dan gula merah yang dicampurkan dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi kram saat datang bulan.

17. Mengobati morning sickness
Rasa mual, perut kembung dan ingin muntah di pagi hari, termasuk pada wanita hamil, dapat disembuhkan dengan ramuan jahe.

18. Mengobati sakit gigi
Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata juga bisa dicegah dengan kebiasaan minum air jahe. Ini karena jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

19. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat lain, yakni jahe terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, selain bersifat membersihkan darah. Dengan demikian serangan jantung dan pembekuan darah dapat dicegah.

20. Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, jahe juga berkhasiat untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari.

21. Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

22. Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh

Jika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai kotoran jahat yang ada di dalam tubuh.

Sedangkan untuk Para Wanita dan ibu ibu Jahe juga sangat bermanfaat sekali untuk menjaga Kesehatan dan Kecantikan kulit diantaranya adalah sebagai berikut :

Pijat 'Jahe' Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini merupakan hal yang paling ditakutkan oleh para wanita. Selain membuat penampilan menjadi kurang menarik, penuaan dini juga berakibat membuat kulit tampak lebih tua dengan gejala-gejala seperti kusam, kendur dan keriput. Nah, Vemale mempunyai resep kombinasi yang bisa membuat penuaan dini pergi jauh-jauh dari kulit kita.

Bahan yang diperlukan cukup mudah, yaitu jahe, kopi, alpukat dan minyak daun kayu manis. Ladies cukup mencampurkan secangkir bubuk kopi, setengah cangkir buah alpukat yang sebelumnya telah dihancurkan dan satu sendok teh jahe yang telah diparut. Tetesi dengan beberapa tetes minyak daun kayu manis dan aduk hingga rata. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai olesan untuk memijat. Pijat ke seluruh bagian tubuh kemudian baru bilas dengan air hangat hingga bersih. Jika Ladies menginginkan hasil yang maksimal, lakukan pijat 'jahe' dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Menormalkan Kulit Berminyak
Jika Anda sudah bosan berganti-ganti produk perawatan kulit karena kulit Anda berminyak, mungkin seharusnya Anda beralih menggunakan cara yang alami dan pasti terjangkau. Jahe juga mempunyai bermanfaat untuk menormalkan kulit berminyak lho, Ladies. Mineral yang terkandung dalam jahe dipercaya dapat mengurangi produksi minyak pada kulit.

Caranya mudah saja, cukup kombinasikan jahe parut, garam laut, bubuk kayumanis dan pala bubuk. Campur bahan menjadi satu dengan air hingga menyerupai pasta dan cukup solid untuk bisa dioleskan. Kemudian, oleskan pada titik-titik berminyak pada wajah Anda. Jika telah dioleskan secara merata, diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan lakukan secara teratur.

Menghilangkan Sel Kulit Mati
Untuk menghilangkan sel kulit mati, Ladies cukup memadukan air perasaan jahe dengan garam laut dan irisan kulit jeruk. Persiapkan tiga tetes air perasan jahe, 2 sendok makan irisan kulit jeruk dan dua gelas garam laut. Aduk hingga rata dan oleskan pada tubuh. Pijat secara melingkar beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

Dengan melakukan perawatan cara ini, khasiat butiran jahe dalam tetesan air jahe akan dengan lembut mengangkat sel kulit mati. Ditambah lagi dengan perpaduan garam laut dan kulit jeruk yang semakin menguatkan fungsi jahe. Ladies bisa melakukan perawatan ini seminggu dalam sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghaluskan Kulit
Perpaduan jahe dan delima merupakan cara ampuh untuk menghaluskan kulit dan tentu alami karena menggunakan bahan-bahan yang natural. Jahe yang telah diketahui dapat menenangkan dan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit jika dipadukan dengan vitamin C yang terkandung pada buah delima akan menghasilkan ramuan alami yang ampuh untuk menghaluskan kulit.

Caranya sangat sederhana, cukup persiapkan dua sendok makan jahe yang sudah diparut dan perasan dari satu buah buah delima. Campur hingga menjadi satu dan oleskan pada wajah dan bagian tubuh yang ingin Anda haluskan. Biarkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Perawatan ini bisa Ladies lakukan dua hari sekali.

Sumber : Pak Dhe Google

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan comment sesukanya..
Yang penting sopan, membangun dan tidak mengandung unsur SARA..
Spam akan dihapus..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...