Wednesday, October 30, 2013

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Jika berbicara mengenai rempah-rempah, Indonesia sepertinya memang surga yang banyak memiliki berbagai jenis rempah-rempah, terlebih lagi remp[ah-rempah tersebut memiliki berbagai macam khasiat serta manfaat. Contohnya saja seperti tanaman kunyit, salah satu jenis rempah-rempah yang mungki sering ditemukan sebagai bahan untuk bumbu masakan gule ataupun yang lainnya. Tapi, selain untuk bahan masakan ternyata Khasiat Kunyit juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.
Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Menjaga Kesehatan

Kunyit sangat memiliki banyak kandungan yang baik, dari situlah Khasiat Kunyit sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita. Kunyit memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang terdiri dari desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak kandungan bermanfaat lainnya, contohnya minyak atsiri, protein, kalsioum, karbohidrat, zat besi, vitamin C, dan kandungan bermanfaat lainnya. Dari semua kandungan tersebut Manfaat Kunyit akan bisa didaptkan dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Menjaga KesehatanTapi apa saja memang Khasiat Kunyit tersebut? Dilihat dari banyaknya kandungan yang bermanfaat, tentu saja Khasiat Kunyit sangat banyak, dan hari ini kami pun akan memberikan informasinya untuk para pembaca semua, sehingga para pembaca akan mengetahui ternyata alam juga memberikan sejuta manfaat dan khasiat. Dan lebih baik langsung kita simak saja informasi tentang Khasiat Kunyit dibawah ini.

1. Anti Kanker
Radikal bebas akan menyebabkan kerusakan serta mutasi sel, untuk mencegah hal tersebut tentu dibutuhkan antioksidan, dan kandungan kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah hal tersebut. Tidak hanya itu, kandungan kurkumin dalam kunyit juga sangat baik untuk menghambat bertumbuhnya sel kanker, seperti kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker kulit.

2. Mengurangi Resiko Diabetes
Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit juga sangat baik untuk mengurangi resistansi insulin. Dengan adanya hal tersebut maka resiko untuk terserang diabetes tipe 2 akan semakin berkurang, karena kandungan kadar glukosa dalam darah bisa dikendalikan dengan sangat baik.

3. Mengurangi Resiko Aterosklerosis
Penumpukan kolesterol yang ada pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan datangnya penyakit aterosklerosis atau peradangan pada pembuluh darah. Namun, kunyit memiliki kandugan yang dapat dipercaya bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat sehingga akan mengurangi resiko terserang aterosklerosis.

4. Mengurangi Resiko Anemia
Tubuh akan mengalami anemia jika kekurangan zat besi. Akan tetapi, kandungan mineral zat besi yang ada pada kunyit merupakan komponen yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Hal tersebut pun akan mengurasi resiko terserang penyakit anemia.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer
Peradangan yang terjadi pada otak kita akan mengakibatkan datangnya penyakit Alzheimer. Namun, berdasarkan pada penelitian, kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan. Jika kita mengkonsumsi kunyit, maka otak akan terlindungi dari resiko terserang oleh penyakit Alzheimer.

6. Mengobati Radang Sendi
Anti-inflamasi atau anti-radanf akan bisa didapatkan dari kunyit karena memiliki kandungan kurkumin. Hal tersebut maka akan mengobati radang sendi. Selain itu, banyak obat radang sendi yang berbentuk kapsul dan terbuat dari ekstrak kunyit.

7. Menstimulasi Pencernaan
Kunyit akan dapat membantu proses pencernaan dan juga mengurangi gejala kembung, karena kunyit memiliki kandungan kurkumin. Namun sebaiknya, bagi orang yang memiliki penyakit kandung empedu tidak menggunakan kunyit sevagai suplemen karena akan membuat kondisi semakin buruk.

Berikut 11 RESEP manfaat Kunyit untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Kunyit dapat mengobati diabetes Mellitus
    Resep bahan 3 rampang kunyit, 1/2 sendok teh garam cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring cara menggunakan diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Kunyit dapat mengobati Tifus
    Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.resep cara membuat semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas ai masak yang masih hangat dan disaring cara menggunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut – turut.

3. Kunyit dapat mengoabti Usus Buntu

    Resep bahan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa aren, garam secukupnya cara membuat kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan secara teratur.

4. Kunyit dapat mengobati disentri
    Resep bahan 1 – 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. resep cara membuat semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas kemudian disaring cara menggunakan diminum dan diulangi sampai sembuh.

5. Kunyit dapat mengobati Sakit Keputihan
    Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa / are Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring cara menggunakan diminum 1 gelas sehari.

6. Kunyit dapat megobati Haid Tidak Lancar
    Resep bahan : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring cara menggunakan dapat diminum 1 gelas sehari.

7. Kunyit dapat mencegah panas dalam
    Resep Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.

8. Kunyit dapat mencegah keputihan
    Resep Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.

9. Kunyit Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit.
    Resep Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

10. Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan
    Bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.

11. Akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik
    Dan bengkak-bengkak pada tubuh Anda. Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dan menyempitkan arteri, selain itu kunyit dapat mencegah penyakit serangan jantung mendadak.

Kunyit yang mempunyai kandungan vitamin C dan E yang tinggi juga karatenoid ini adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih yang masuk dalam badan. Oleh karena itulah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit juga dapat mencegah masuk angin.


Sumber : Pak Dhe Google.com


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan comment sesukanya..
Yang penting sopan, membangun dan tidak mengandung unsur SARA..
Spam akan dihapus..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...