Monday, November 28, 2011

Jembatan Tenggarong Runtuh/roboh

Jembatan Tenggarong Runtuh/ Roboh

Klik u/ Zooming. sumber Wikipedia
Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan 2 wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang dan Kecamatan Tenggarong, ambruk pada Sabtu (26/11/2011). 

Ambruknya Jembatan Kukar membuat kegiatan transportasi masyarakat Tenggarong terhambat. Untuk mengatasinya, pemerintah telah menyiapkan dua kapal feri yang bisa digunakan untuk mengangkut warga dan anak sekolah. Kapal tersebut sudah mulai beroperasi pada Senin (28/11/2011).

Akibat dari insiden jembatan yang masih berusia 10 tahun itu, 4 orang meninggal dunia, 39 orang luka-luka dan 16 orang dilaporkan hilang. Polri juga bekerjasama dengan ahli konstruksi dari Institut Tekonologi Bandung (ITB) untuk melakukan audit proses konstruksi jembatan tersebut.

Proses pencarian korban ambruknya jembatan Kutai Kertanegara terkendala keruhnya air, arus deras dan kedalaman Sungai Mahakam yang mencapai 40 meter. Kondisi ini menyebabkan tim SAR gabungan yang menyelam sungai mengalami kesulitan melihat dasar sungai.

"BNPB telah meminta BPPT untuk mengirimkan tim melakukan scanning bawah permukaan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya kepada detikcom, Minggu (27/11/2011).

Sutopo menjelaskan, teknologi survei bawah air ini menggunakan multibeam echosounder dan side scan sonar. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui berbagai posisi konstruksi jembatan maupun korban sehingga dapat mempermudah proses evakuasi.

Selain itu, lanjut Sutopo, BPPT juga melakukan audit teknologi jembatan. Tim akan mendata dan mengambil sampling bagian konstruksi terkait runtuhnya jembatan untuk keperluan audit teknologi, terutama bagian wirerope vertikal dan part connection penggantung jembatan tenggarong. 

sumber konten : www.detiknews.com

Video Runtuhnya Jembatan Tenggarong :


 

Photo  Jembatan Tenggarong Runtuh/ Roboh(klik u/ zooming) :

 

 

 

Photo dibawah menunjukkan Jembatan yang serupa dengan jembatan Tenggarong(klik u/ zooming) :

Jembatan san francisco baybridgeAmerika (klik u/ zoom)
Jembatan akashi kaikyo bridge - Jepang(klik u/ zooming)
Jembatan tsing ma bridge - Hongkong(klik u/ zooming)


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan comment sesukanya..
Yang penting sopan, membangun dan tidak mengandung unsur SARA..
Spam akan dihapus..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...